Sabtu, 29 Mei 2010

Tipe baling-baling

Baling–baling tipe CPP

Ada dua tipe baling–baling kapal. Masing–masing mempunyai karakteristik tersendiri. Tipe–tipe baling–baling tersebut adalah :

1. CPP (Controlable Pitch Propeller)

Baling–baling tipe ini adalah jenis baling–baling moderen. Baling–baling tipe ini memungkinkan diaturnya kedudukan daun baling–baling pada sudut tertentu sehingga akan didapat gaya dorong yng bervariasi dari minimum sampai maksimum. Dengan demikian, arah putaran poros baling–baling tidak perlu diubah seperti yang dilakukan pada baling–baling tipe konvensional.

CPP ini kadang–kadang dipasang di haluan kapal guna memudahkan kapal merapat ke dermaga. Konstruksi CPP terdiri dari poros luar yang berupa pipa atau tabung yang kedap air. Kekedapan ini berfungsi untuk melindungi peralatan di dalam tabung yang memakai pelumasan minyak. Peralatan didalam tabung berfungsi untuk mengatur kedudukan daun baling–balingnya. Poros dalam berbentuk pejal dengan sistem kerja dari peralatan di dalam gear box dapat menjalankan poros maju–mundur sehingga mempengaruhi kedudukan baling–baling sesuai dengan kebutuhan.

2. Baling – baling tipe konvensional (Fix)

baling–baling tipe konvensional adalah baling–baling yang seringditemui pada kapal–kapal yang ada sekarang. Dengan baling–baling tipe ini, maka maju–mundur dan kecepatan kapal harus diatur melalui gear box. Selain itu dapat pula dilakukan dengan memakai mesin induk yang dapat merubah arah putaran porosnya sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar