Kamis, 20 Mei 2010

Tentang kapal laut

B. Jenis-jenis Kapal

1. Kapal berdasarkan tenaga penggeraknya :

a. Kapal bertenaga manusia (Pendayung) Kapal bertenaga manusia adalah kapal yang digerakkan dengan tenaga manusia. Konstruksi kapal ini terbuat dari kayu dan biasanya ukuran kapal ini tidak terlalu besar.

b. Kapal layar

Kapal Layar adalah kapal yang digerakkan dengan menggunakan layar yang memanfaatkan tenaga angin sebagai pendorongnya. Konstruksi Kapal ini umumnya terbuat dari kayu. Pada awalnya, kapal layar digerakkan oleh tenaga manusia sebagai pendayung dan layar. Model dari kapal jenis ini dapat dilihat pada kapal viking, kapal Mesir Kuno, kapal Romawi Kuno, Kapal India Kuno sampai masa Kapal Borobudur yang sudah menggunakan kapal layar. Seiring dengan perkembangan, maka digunakan kapa layar bercadik seperti yang dijumpai di Indonesia, Kapal dengan menggunakan layar segitiga seperti yang dijumpai di Timur tengah dan Kapal layar segi empat yang digunakan oleh Bangsa bangsa Eropa menjelang memasuki abad penjelajahan, serta kapal layar lipat dengan model yang dijumpai di Jepang ataupun China. Pada masa kini umumnya kapal layar dilengkapi dengan mesin tempel untuk menghadapi kemungkinan tidak bertiupnya angin pada daerah daerah tertentu agar tetap melanjutkan perjalanannya 2).



c. Kapal uap

Kapal uap mulai digunakan setelah ditemukannya mesin uap di Inggris oleh James Watt yang memunculkan revolusi industri. Mesin uap merupakan revolusi bahan bakar pada masa itu karena mulai digunakan batu bara dengan skala yang lebih luas menggantikan kayu bakar. Awalnya kapal-kapal uap masih menggunakan tiang-tiang tinggi dan dilengkapi dengan layar cadangan untuk mengantisipasi bila bahan bakar pada tungku uap habis.

d. Kapal diesel

Kapal diesel adalah kapal yang digerakkan dengan menggunakan mesin diesel. Kapal diesel biasanya digunakan pada kapal-kapal barang dan kapal-kapal penumpang.

e. Kapal motor

Kapal motor adalah kapal yang digerakkan dengan menggunakan motor. Kapal motor biasanya digunakan pada jetboat dan jetski.

f. Kapal nuklir

Kapal nuklir adalah kapal mesin yang digerakkan dengan tenaga nuklir. Tenaga nuklir diperoleh dari reaktor nuklir yang berada pada kapal tersebut yang dihubungkan dengan turbin uap. Tenaga uap yang dihasilkan kapal nuklir selain sebagai penggerak kapal juga digunakan sebagai suber tenaga listrik, serta tenaga uapnya digunakan sebagai pengatur tekanan. contoh kapal dengan tenaga nuklir adalah kapal induk Amerika Serikat, yaitu kapal USS Ronald Reagan, USS Kitty Hawk, USS Enterprise 3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar