Sabtu, 29 Mei 2010

Tentang Kapal laut

2. Kapal berdasarkan jenis pelayarannya :

a. Kapal permukaan

Kapal permukaan adalah kapal yang yang bergerak diatas permukaan air. Contoh kapal permukaan adalah kapal barang, kapal penumpang, kapal tanker, kapal layer, kapal perang dan lain sebagainya.

b. Kapal selam

Kapal selam adalah kapal yang bergerak di bawah air, umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Kapal ini dilengkapi dengan tabung-tabung oksigen, untuk membantu awak kapal bernafas pada saat kapal berada didasar laut. Selain digunakan untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan untuk sains laut, yaitu memeriksa keadaan dasar laut apakah tercemar oleh limbah 4).

3. Berdasarkan fungsinya :

a. Perahu

Perahu adalah kendaraan air, biasanya lebih kecil dari kapal laut. Perahu biasanya digunakan untuk melintasi sungai-sungai dan danau. Untuk menggerakkan perahu dapat menggunakan dayung atau motor.

b. Kapal penumpang

Kapal penumpang adalah jenis kapal yang membawa penumpang dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Contoh, kapal penumpang adalah kapal feri, awani dream, dan lain sebagainya.

c. Kapal barang

Kapal barang atau kapal kargo adalah segala jenis kapal yang membawa barang-barang dan muatan dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Ribuan kapal jenis ini menyusuri lautan dan samudra dunia setiap tahunnya membawa barang-barang perdagangan internasional. Kapal kargo pada umunya didesain khusus untuk tugasnya, dilengkapi dengan crane dan mekanisme lainnya untuk bongkar muat, serta dibuat dalam beberapa ukuran. Jenis-jenis pengangkutan kargo termasuk kapal kontainer dan pengangkutan massal.

d. Kapal tanker

Kapal tanker adalah jenis kapal yang membawa bahan bakar. Kapal ini biasanya digunakan unutuk mengisi bahan bakar kapal-kapal yang ada dilaut, maupun kapal-kapal yang ada di dermaga pelabuhan.

e. Kapal perang

Kapal Perang adalah kapal yang digunakan untuk kepentingan militer atau Angkatan Bersenjata. Umumnya terbagi atas, Kapal Patroli, Kapal Angkut, Kapal selam dan Kapal pendukung yang digunakan Angkatan Laut. Kapal perang biasanya dilengkapi dengan berbagai senjata 5).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar