Senin, 06 September 2010

TA (WS, DY & AIJ)

Rancang Bangun Model Tower Crane Kapasitas 25 kg dengan Kontrol Radio Pemancar dan Penerima



Alhamdulillah.. 4 september 2008, telah diluluskan alat dan laporan pembuatannya pada pukul 15:25. Setelah diperlihatkan dan diuji oleh empat orang penguji.

Saat itu, diawali dari jam 13:00 dan berakhir setelah hampir 2,5 jam (lumayan pegel berdiri sambil ditanya-tanya tentang alat ini) begitu keluar ruangan dan dinyatakan lulus, sekejap kemudian langsung berasa jadi 'sumber berita' yang diwawancara sama teman-teman satu angkatan. Sidang ujian pertama dari angkatan 2005. dan baru minggu berikutnya diadakan ujian buat teman-teman yang lain yang sudah menyelesaikan pembuatan dan penulisan tugas akhirnya. Ketika itu hanya ada empat orang dari kelasku yang mengajukan sidang tugas akhir ini dan alhamdulillah lulus semua, jadi total-total ada empat belas orang dari tiga kelas yang ikut wisudaan D3 angkatan 2005 tahun 2008. Lumayan banyak ketimbang angkatan sebelumnya yang tahun lalu meluluskan empat orang. Dan mungkin kebetulan atau enggak, yang lulus tahun 2008 itu rata-rata berhasil meloloskan diri dari dosen yang namanya DR. C. Rudi P, Mpd. Dosen yang kerjaannya nyorat-nyoret gambar kerja tugas anak-anak yang pada masih keblinger soal gambar-menggambar (walaupun sekarang juga kadang masih keblinger).
Terima kasih buat bapak Ahmad Kholil ST,MT yang sudah mau jadi pembimbing menyelesaikan tugas akhir ini. Buat Ari dan Dwi, jangan menyerah kawan.. sory yah gw lolos duluan..
oiya, ada satu pertanyaan yang belom bisa kujawab waktu itu perihal alat ini. Pertanyaannya bagaimana caranya menaikkan dan menurunkan ketinggian alat ini ketika bangunan alat ini mengalami perubahan elevasi?
kujawab: pas, pertanyaan lainnya pak.
dosen-dosen yang nguji pada senyam-senyum cengar-cengir denger jawabanku kayak gitu..

Begitu lulus disidang tanggal 4 september itu sebenarnya ada janji yang sudah kubuat, janji untuk nemuin seorang perempuan dari salah satu jurusan di situ. tp, gak jadi padahal udah pake treatment jantung biar gak deg-deg-kan waktu nantinya ketemuan. Setengah jam kemudian setelah lolos dari sidang dan diwawancara teman-teman, gadis itu telepon dan bilang kalo dia harus segera pulang dan sekarang sudah ada di dalam bis. (langsung lemes dan pulang kerumah deh gw..)
akan tetapi, begitu sampai dirumah ada kabar yang menggembirakan, gw disuruh ngelamar ke pabrik yang sampai sekarang gw masih kerja disini dan begitu cepat prosesnya.
begini, tanggal 4 september itu hari jum'at, ngelamar, seninnya langsung dipanggil buat tes dan wawancara. Tidak lama kemudian disuruh tes kesehatan dan langsung disuruh masuk kerja. Alhamdulillah.. walau kadang-kadang ijin setengah hari buat ngurusi revisi tulisan sama ngurusi wisuda.

kembali ke topik, alat ini digerakkan menggunakan remote kontrol yang menggunakan sinyal 40 Mhz, setelah modif sana-sini dan ditambahi penguat tegangan maka jadilah rubahan sumber yang tadinya 3V-100mA berubah jadi 30V-5A. Dengan sumber daya segitu bisa untuk menggerakkan motor dc yang jadi sumber gerak alat ini. Sedangakan penguat dayanya menggunakan rangkaian relai-relai. Nah, pada laat ini menggunakan 3 buah motor dc, yaitu ,motor pengangkat, motor penjalan dan motor pemutar lengan yang semuanya digerakkan mengunakan remote kontrol.
Rangkanya menggunakan baja ST37 profil L, Oiya, yang agak ribet saat menentukan warna alat ini, sampai-sampai dicat sampai 3 kali dan akhirnya dicat warna biru.(warna khas orang teknik mesin)

Sebenernya masih pengen cerita kelanjutan kisah yang ada dibalik pembuatan alat ini.
Tapi intinya ada beberapa, (salah satunya) jadi ketika mau 'ngelamar cewek' habis lolos sidang buat dijadiin kekasih, malah ngelamar kerja dan langsung diterima. Alhamdulillah.. cewek ngacir, duit bulanan ngalir..
Sejak hari dia telepon sampai sekarang belum pernah lagi denger suaranya yang serek-serek basah.. (ngacir akibat ulah ku sendiri, gak mau main hati lagi mungkin dia sama aku--> akan diuraikan diuraian selanjutnya masalah ngacir ini)
Inti dan kelanjutan alat ini ditunggu ya.. (murni cerita alat ini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar