Jumat, 27 Agustus 2010

Transmisi Otomatis

Pada saat perkembangan teknologi otomotif maka pemindah daya yang ada adalah manual, ditingkatkan menjadi pemindah daya otomatis dengan tujuan :
a) tidak terjadi over running atau over load karena pada kecepatan tertentu, transmisi otomatis ini dapat mengatur momen kecepatan/kendaraaaan secara otomatis .
b) tidak memerlukan chith pedal, dengan demikian meskipun jalan macet pengemudi tidak merasa lelah.
c) menyebabkan suara mesin halus.
d) pemakaian bahan baker menjadi irit.




Gambar 1. Tuas Persneling


Sampai pada pertengahan tahun 1970 transmisi yang umum dipakai adalah transmisi manual oleh Toyota, tetapi pada tahun 1977 dengan diperkenalkannya Crown yang menggunakan transmisi otomatis seri A 400, maka jumlah transmisi otomatis meningkat tajam. Dewasa ini trransmisi otomatis dapat ditemukan dimana- dimana termasuk pada kendaraan 4WD dan truk.
Transmisi otomatis dapat dibedakan dalam dua jenis yang berbeda dalam sistem penggunaan yang mengatur perpindahan tuas (shift) dan lock up timing. Salah satu jenis yang diatur sepenuhnya secara hidrolik sedangkan yang lainnya diatur secara elektronik, yang menggunakan data (shift dan lock up pattern) yang tersimpan dalam ECU (Elektronik Control Unit) mengontrol jenis yang diatur secara elektrinik termasuk diagnosis dan fail safe function sebagai tambahan bagi shift and lock up timing control dan disebut ECT (Elektonik Control Transmision).





Power transmisi unit sepenuhnya dikontrol secara hidrolis, transmisi otomatis pada dasarnya sama dengan ECT tetapi berbeda pada metode pemindahan shiftnya. Akan tetapi transmisi otomatis yang sepenuhnya dikeluarkan secara hidrolis dapat kita bedakan dari seri A 130 dan 140 L.

1. Jenis–Jenis Transmisi Otomatis
Pada dasarnya transmisi otomatis dibagi dalam dua jenis yaitu yang digunakan pada kendaraan FF dan yang digunakan pada FR. Transmisi yang digunakan pada kendaraan FF lebih kecil dari pada yang digunakan pada kendaraan FR, karena dipasang dalam ruang mesin, transmisi otomatis yang digunakan pada kendaraan FR mempunyai final gear unit (differensial) yang dipasang diluar sedangkan pada kendaraan FF dipasang didalam mesin.
Jenis transmisi yang dipasang pada kendaraan FF disebut Automatic Transaxle, sedangkan pada kendaraan FR disebut Automatic Transmision.






Gambar. 2 Automatic Transaxle And Transmision


2. Bagian–bagian utama tansmisi otomatis
Transmisi otomatis mempunyai beberapa komponen–komponen utama agar transmisi otomatis dapat bekerja dengan baik, maka bagian ini harus bekerja dengan cepat.
a) Torque convecter
b) planetary gear
c) manual linkage
d) hidrolic control unit
e) final drive unit
f) Automatic Transmision Fluid (ATF)

Sistem pemindah tenaga


Tenaga yang dihasilkan oleh mesin terutama digunakan untuk memutar roda. Oleh karena itu, perlu mekanisme yang berfungsi untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda–roda pengggerak. Komponen ini dikenal dengan nama power train atau mekanisme pemindah tenaga. Dilihat dari posisi mesin dan penggeraknya, mekanisme pemindah tenaga dibedakan sebagai berikut:
1. mesin depan penggerak belakang (front engine rear rive).
2. mesin depan penggerak depan (front engine front drive).
3. mesin belakang penggerak belakang (rear engine rear drive).
4. mesin depan penggerak empat roda (four wheel drive).
Dengan adanya rangkaian pemindah tenaga maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin dapat dimanfaatkan atau dipindahkan ke roda–roda sehingga kendaraan dapat bergerak.

Kamis, 26 Agustus 2010

alhamdulillah

Alhamdulillah (too phat)


Dian Sastrowardoyo :
Disaat waktu berhenti… Kosong
Dimensi membutakan mata, memekakkan telinga
Lalu diri menjadi hampa
Saat paradigma dunia tak lagi digunakan untuk menerka
Sadarku akan hadirMu
Mematahkan sendi-sendi yang biasanya tegak berdiri

Yassin :
Ult li albi bissaraha
Hayya nab’idil karaha
Syakkireena a’kulli ni’ma
Ba’ideena ‘anil fattana

Malique :
Merenungi luar jendela, mengagumi kebesaran yang Maha Esa
Ku menilai kehidupan dari sudut berbeza
Tak memadai hanya kecapi rasa selesa
maukan harta yang mampu beli satu semesta
berpesta ke pagi botol bergelimpangan
kekasih muda bukan takat berpegang tangan
harta dan jamuan nafsu tidak berkekalan
bila menjelang tua bukan itu jadi bekalan
dan jangan puisi ini disalah tafsir pula
bukan berkhutbah cuma betuli diri jua
ingin hidup sempurna aset nilai berjuta
saling tukar wanita, senyum dan mati tua
bakat dikurnia jangan disalah guna
jangan kufur nikmat yang diberi percuma
guna kelebihan untuk hikmah bersama
jagalah nama hidup penuh pementasan dan drama
ada berisi ada yang kurus
ada melencong ada yang lurus
bukan semuanya tulus
ada sempurna ada kurang upaya ada yang jadi buta hanya bila sudah kaya
sebesar rumah bermula dengan sekecil bata,
boleh hilang dalam sekejap mata
ucaplah Alhamdulillah bukannya sukar,
kerna semua nak kaya atau besar
Tetap AllahuAkbar

Joe Flizzow :
Jadikanlah ku tertera Fisabilillah
yang tertera di kalimah harap memanduilah
entah apabila persimpangan tiba,
hidup penuh dengan rintangan harus kuhadapinya
harapku tidak lupa diri bila gembira,
dan cuma mula mencari kau disaat hiba
ku cuma manusia penuh dengan kesilapan
tapi bisa membezakan cahaya dan kegelapan
tabah bila dihalangan duri onak dan cobaan
teguh bila dicobakan keruh kuasa dan perempuan
sentiasa legar diminda, dikejar dan dipinta
dari zaman bermula hingga ke akhirnya
ku mengerti siapa ku tanpamu disisi
dan apa guna posesi juga posisi
sementara ini cuma hanya puisi,
nukilan tulisan dan bisikan isi hati
mencari keterangan, menjiwai peranan
menepati pesanan janji juga saranan
Alhamdulillah atas kurniaan rezeki,
Moga tidak terleka dalam perjalanan ini

Ahli Fiqir :
Aku yang memandang di dalam lubuk hati,
mencari-cari zat rahsia yang katanya tersembunyi
aku yang melihat alam meliputi wujud menyertai
lalu ku pindahkan alam ke dalam mata hati
aku hakiki, aku mengerti segala yang terjadi di langit dan di bumi
gunanya tiada fantasi, pelik dan benar,
qada’ dan qadar kau berilah ku kekuatan
agar dapat ku hindarkan segala kesesatan
usah kau biarkan nafsuku terliur dari pandangan majazi ini
aku yang hodoh lagi hina
amat benar merindui
moga cahaya lailatul tak membutakan mataku,
semoga segala puji tak ku meninggi diri
moga segala janji dapat juga ku penuhi,
moga dapatku hadapi tikaman dari belakang
lidah setajam pisau, ku tidak akan risau
dengan dugaan cabaran sepanjang perjalanan
ku pasrah ku akur 7, 8, 6
Alhamdulillah Syukur…

Dian Sastrowardoyo :
Sujudku…
pun takkan memuaskan inginku
untuk hanturkan sembah sedalam kalbu
Adapun kusembahkan syukur pada-Mu Ya Allah
Untuk nama, harta dan keluarga yang mencinta
Dan perjalanan yang sejauh ini tertempa
Alhamdulillah… pilihan dan kesempatan
Yang membuat hamba mengerti
lebih baik tentang makna diri
Semua lebih berarti apabila dihayati.
Alhamdulillah… Alhamdulillah… Alhamdulillah…

Selasa, 03 Agustus 2010

Sistem Transmisi dalam Otomotif

Sistem transmisi dalam otomotif adalah sistem yang menjadi penghantar energi dari mesin ke diferensial dan poros. Dengan memutar poros, roda dapat berputar dan menggerakkan mobil.
Transmisi diperlukan karena mesin pembakaran yang umumnya digunakan dalam mobil merupakan mesin pembakaran internal yang menghasilkan putaran (rotasi) antara 600 sampai 6000 rpm. Sedangkan, roda berputar pada kecepatan rotasi antara 0 sampai 2500 rpm.
Sekarang ini, terdapat dua sistem transmisi yang umum, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Terdapat juga sistem-sistem transmisi yang merupakan gabungan antara kedua sistem tersebut, namun ini merupakan perkembangan terakhir yang baru dapat ditemukan pada mobil-mobil berteknologi tinggi dan merek-merek tertentu saja.
Transmisi manual merupakan salah satu jenis transmisi yang banyak dipergunakan dengan alasan perawatan yang lebih mudah. Biasanya pada transimi manual terdiri dari 3 sampai dengan 7 speed.
Transmisi semi otomatis adalah transmisi yang dapat membuat kita dapat merasakan sistem transmisi manual atau otomatis, blla kita sedang menggunakan sistem transmisi manual kita tidak perlu menginjak pedal kopling karena pada sistem transmisi ini pedal kopling sedah teratur secara otomatis.



a. Transmisi Manual
Transmisi manual merupakan salah satu jenis transmisi yang banyak dipergunakan dengan alasan perawatan yang lebih mudah. Biasanya pada transimi manual terdiri dari 3 sampai dengan 7 speed.


b. Transmisi Semi Otomatis
Transmisi semi otomatis adalah transmisi yang dapat membuat kita dapat merasakan sistem transmisi manual atau otomatis, bila kita sedang menggunakan sistem transmisi manual kita tidak perlu menginjak pedal kopling karena pada sistem transmisi ini pedal kopling sudah teratur secara otomatis.


c. Transmisi Otomatis
Transmisi otomatis adalah transmisi yang mengatur prosesnya perpindahan gigi secara otomatis dan tidak perlu adnya pedal kopling lagi karena pada sistem transmisi ini pedal kopling sudah teratur secara otomatis.


Pada dasarnya transmisi otomatis dibagi dalam dua jenis yaitu yang digunakan pada kendaraan FF dan yang digunakan pada FR. Transmisi yang digunakan pada kendaraan FF lebih kecil dari pada yang digunakan pada kendaraan FR, karena dipasang dalam ruang mesin, transmisi otomatis yang digunakan pada kendaraan FR mempunyai final gear unit (differensial) yang dipasang diluar sedangkan pada kendaraan FF dipasang didalam mesin.
Jenis transmisi yang dipasang pada kendaraan FF disebut Automatic Transaxle, sedangkan pada kendaraan FR disebut Automatic Transmision.
Transmisi otomatis dapat dibedakan dalam dua jenis yang berbeda dalam sistem penggunaan yang mengatur perpindahan tuas (shift) dan lock up timing. Salah satu jenis yang diatur sepenuhnya secara hidrolik sedangkan yang lainnya diatur secara elektronik , yang menggunakan data (shift dan lock up pattern) yang tersimpan dalam ECU (Elektronik Control Unit) mengontrol jenis yang diatur secara elektrinik termasuk diagnosis dan fail safe function sebagai tambahan bagi shift and lock up timing control dan disebut ECT (Elektonik Control Transmision).