Selasa, 13 April 2010

Prakata


Jika berbicara tentang ilmu teknik, yang kebetulan saya anak jurusan Teknik Mesin.
Maka dari itu, sebagian isi dari seksi ini adalah segala hal yang berhubungan dengan teknik mesin. Tetapi juga tidak ada batasan dalam memposting, entah itu ilmu teknik mesin, listrik, sipil, dan teknik-teknik lainnya. Kecuali mungkin teknik tata rias dan tata boga, apalagi tata busana.. soalnya tempatku sekolah dulu ada jurusan itu disatu fakultas teknik. Tapi ya.. berhubung ngambil jurusan mesin ya jadi gak ngurusi yang begituan. Biar wanita solehah aja yang mempelajarinya amiin.
Berbicara tentang teknik lagi, teknik itu bias diartikan sebagai cara atau metode.
Lha kalau teknik mesin ya berarti metode atau cara mesin itu sendiri. Cara mesin untuk apa? Ya untuk bekerja to yo..
Lha mesin itu sendiri apa.. ??
Mesin bisa diartikan sebagai satu kesatuan gerak mekanik selaras antara satu komponen-komponen mesin dengan komponen-komponen mesin yang lainnya supaya terjadi perpindahan energi yang menggerakkan ke energi yang akan digerakkan. Ada input ya ada output. Kalau nginput terus ya bisa-bisa njebluk itu mesin. (njebluk = meledak)
Entah itu mesin jahit, mesin cuci, mesin potong, mesin roll, ah.. wis banyak lah jenis-jenis mesin yang dipakai umat dunia ini.
Mesin juga bisa diartikan sebagai mekanika gerak komponen-komponen mesin yang saling bergesekan dan serasi sehingga mesin mampu mengeluarkan daya, gaya dan energi yang ditransfer dari sumbernya sana. Terserah sumbernya engine, motor listrik, turbin, dan banyak lagi.. yang paling ndeso ya tenaga otot sumbernya.
Contohnya.. yo akeh e masss....
Paling sederhana yo itu tang japitmu yang sering dipakai buat ngisengi benda-benda tidak berdosa...
Satu lagi,, kebanyakan dari pengetahuan orang-orang, ini katanya lho..
Kalau mesin itu bisa diartikan sebagai sumber tenaga..
Mesin dengan engine, motor atau sebangsanyalah itu beda buanget mas.. (liat arti mesin diatas)
Kalau engine, motor, dan sebangsanya itu sumber gerak, sumber tenaga.
Lha kalau mesin itu kan hanya perantara si motor, engine dengan sistem yang akan ditransfer tenaganya oleh si mesin itu sendiri. Kurang jelas tanya sama dosenmu masing-masing!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar