Selasa, 20 April 2010

Tentang Kapal Laut

A. Pengertian Kapal

Kapal merupakan alat transportasi yang digunakan untuk mengarungi lautan. Kapal biasanya dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti alat alat penunjuk arah (navigasi). Menjelang akhir abad ke-20, navigasi dipermudah dengan menggunakan bantuan satelit, yang memiliki ketelitian sangat tinggi.

Selain menggunakan sistem navigasi diperlukan juga alat penunjangnya seperti radar. Radar yang biasa digunakan pada kapal laut adalah radar tipe harpa. Radar tipe Harpa adalah radar modern yang dapat mendeteksi langsung jarak antara kapal dengan kapal, kapal dengan daratan, kapal dengan daerah berbahaya, kecepatan angin, dan mempunyai daya akurasi tinggi. Selain itu ada lagi sistim GMDSS (Global Maritime Distress Safety System), sistim ini digunakan bila kapal dalam kondisi berbahaya. Sistim ini akan memancarkan berita bahaya yang menyatakan posisi kapal, nama kapal, jenis bahaya, secara cepat, dan akurat 1).

Senin, 19 April 2010

Turbocharger

Jika ingin meningkatkan daya kuda yang dihasilkan mesin tanpa harus menambah bobot mobil, turbocharger merupakan alternatif terbaik. Apalagi perangkat ini ukurannya relatif kecil dan pemasangannya pun sederhana. Tak heran jika turbo populer digunakan oleh mesin diesel maupun mobil performance. Bagaimanakah turbo bekerja sehingga mampu meningkatkan daya? Turbo mengompresi udara ke mesin untuk meningkatkan jumlah molekul oksigen yang masuk ke silinder sehingga mendorong tambahan pasokan BBM. Karena BBM yang dibakar lebih banyak, daya yang diproduksi pun menjadi meningkat.

Akibat kompresi, tekanan udara bisa meningkat hingga 8 psi (pounds per square inch) atau hingga 50% dibanding tekanan normal. Namun, karena ada sebagian daya yang hilang, tidak berarti power yang dihasilkan meningkat 50%. Peningkatan daya optimal turbo maksimal 40% saja.

Turbo membutuhkan material berkualitas tinggi dengan pengerjaan super presisi. Hal ini karena turbin di dalamnya bisa berputar hingga 150.000 putaran per menit (rpm) atau 30 kali putaran mesin mobil pada umumnya. Tak heran jika temperatur bisa melesat naik. Berputarnya turbin sendiri memanfaatkan aliran gas buang dari mesin, yang kemudian meneruskan putaran ke kompresor udara. Perangkat turbo dipasang pada exhaust manifold, sedangkan kompresor udara diletakkan di antara air filter dan intake manifold. Udara yang dikompresi, suhunya naik dan ketika suhu naik, udara akan memuai lagi. Akibatnya, meskipun tekanan udara yang masuk ruang bakar tinggi, tapi jumlah molekul udara yang dibutuhkan untuk pembakaran menjadi berkurang. Oleh karena itu, ditambahkan perangkat intercooler yang berfungsi menurunkan suhu udara kompresi.


A. Daya yang dihasilkan mesin dengan turbosupercharger

Tujuan utama penggunaan turbosupercharger adalah memperbesar daya motor (30-80%), mesin pun menjadi lebih kompak lagi pula ringan boleh dikatakan mesin motorbensin dengan turbosupercharger dapat bekerja lebih efisien (5-15%).Grafik peningkatan motor bensin dengan turbosupercharger:




Daya yang dihasilakan oleh mesin turbo akan menjadi lebih maksimal dengan mennyesuaikan penggunaan baahan bakar yang berkadar oktan seuai kebutuhan pada bermacam-macam ketinggian di permukaan bumi penggunan bahan bakar oktan rendah akan mengakibatkan detonasi sedangkan penggunaan bahan bakar yang oktan tinggi dapat menyebabkan pembakaran lambat. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan daya mesin menjadi menurun. Grafik penggunaan kebutuhan kandungan oktan di bermacam-macam ketingggian dipermukaan bumi sebagai berikut :





B. Pengatur tekanan pada motor turbosupercharger

Sebuah motor empat langkah yang bekerja dengan supercharger tekanan isapnya akan lebih tinggi dari pada tekanan udara atmosfer sekitarnya. Hal ini diperolah dengan jalan memaksa audara atmosper masuk ke dalam silinder pada langkah isap, dengan pompa yang dinamakan supercharger.

Supercharger digerakan dengan daya yang diahasilkan dengan jalan memanfaaatkan energi gas buang untuk mengerakan turbin gas yang menggerakan turbosupercharger., supercharger jumlah udara atau campuran bahan bakar- udara segar yang bisa dimasukan lebih besar dari pada dengn proses yang dilakukan oleh torak pada langkah isap. Tekanan udara masuk silinder berkisar antara 1,2-2,2kg/cm. Pada motor dua langkah dengan supercharger akan meningkatkan sekaligus tekanan isap dan takanan buang.

Berikut ini menggambarkan kontruksi sebuah turbosupercharger. Udara atmosfer masuk kedalam kompresor, udara mengalami proses kompresi sehingga tekanan naik. Kompresor digerakan oleh turbin; hal ini dapat dilhat pada adanya poros yang menghubungkan rotor kompresor dengn rotor turbin yang digerakan opleh gas buang motor bakar torak yang menggunakan turbo supercharger . Udara yang keluar dari kompresor mengalir kedalam saluan isap motor; melalui karburator




Apabila motor dirancang untuk mencapai efesiensi maksimum pada daerah perbebanan tinggi, maka pada perbebanan rendah daya dan efesiensinya turun karena pembakaran kurang sempurna. Pada beban rendah gas buanga yang trajadi tidak cukup kuat menggerakan turbosupercharger maka gas buang dapat tidak semuanya dibuang melalui turbin dengan menggunakan katup simpang .begitu juga jika beban yang dihasikan oleh mesin terlalu berat maka gas buang akan dialirkan melalui ventil tanpa mengalir melalui turbin

Skema instalasi motor torak dengan turbosupercharger dapat dilukiskan sebagai berikut :




Dengan menggunakan pengtuur tekanan pada turbosupercharger tekanan udara dapat meningkatkan daya yang lebih besar, hal ini dapat diliahat dari gafik tekanan udara sebaagai berikut:


C. Pendingin intercooler

Pendingin intercooler yang dingunakan adalah Water Injection atau sering disingkat dengan Wa-i, mungkin agak aneh didengar, meng’injeksi’ air ke dalam ruang bakar Namun ternyata banyak keuntungan yang didapat dari metode tersebut.


Wa-i sendiri bukan hal yang baru, bahkan metode ini sudah digunakan waktu perang dunia ke-2 pada pesawat tempur untuk meningkatkan tenaga pada saat penyerangan. Panas adalah masalah utama pada mesin, dan dapat menyebabkan cepatnya kerusakan komponen mesin sehingga menurunkan performance mesin itu sendiri. Panas pada ruang bakar mesin bisa mencapai 1100 derajat Celcius! Apalagi mesin tersebut menggunakan turbosupercharger.

Wa-i bekerja dengan cara menurunkan suhu ruang bakar yang tinggi tersebut, yaitu akibat udara yang dihisap menjadi dingin karena bercampur dengan kabut air, dengan demikian dapat memperlambat terbakarnya bensin. Hal ini bisa sepadan dengan menggunakan bensin beroktan tinggi sekitar setara angka oktan 113. Ini menguntungkan karena timing pengapian bisa dibuat lebih maju (advance) tanpa gejala knocking (ngelitik), dan power yang dihasilkan mesin menjadi lebih besar. Secara teori, butir halus air akan terpecah menjadi uap pada suhu panas ruang bakar, ini menghasilkan tenaga tambahan ekstra .

v Keuntungan Wa-i:
- Memungkinkan untuk menyetel campuran bensin seirit mungkin (LEAN)
- Memungkinkan untuk menyetel timing pengapian lebih maju (ADVANCE) untuk mendapatkan torsi lebih besar.
- Menjaga ruang bakar tetap bersih, karena selalu terbilas oleh uap air tadi.
- Mencegah penumpukan karbon di ruang bakar.
- Menjaga stabilitas suhu.
mesin
- Mencegah terjadinya knocking/pinging (ngelitik).
- Menurunkan kadar polusi NOx karena suhu ruang bakar tidak tinggi.
- Bisa menggunakan premium tanpa gejala ngelitik.
- Dapat dicampur dengan alkohol/methanol untuk mendapatkan nilai oktan yang lebih tinggi.

v Efek negatifnya
- Karena tidak terjadi knocking/pinging (ngelitik), menjadi susah bagi kita untuk mendeteksi kualitas bensin.
- Knalpot relatif perlu perhatian dari kemungkinan berkarat.
- Bisa membatalkan kontrak service bagi mobil baru yang masih dalam garansi service.
- Ada kerja ekstra untuk selalu memantau kondisi tangki air.

Water hamer pada turbosupercharger


Debit air yang diinjeksi adalah kecil sekali, bisa di bilang dalam satuan butir air. Dan ketika masuk ke ruang bakar yang bersuhu tinggi butir air akan pecah menjadi uap air, jadi sudah tidak dalam wujud air utuh.Dengan kata lain, Wa-i tidak mengakibatkan musibah Water Hammer. Air yang digunakan untuk Wa-i ini adalah air murni, bisa pakai air aquadest atau air accu botol warna.jangan menggunakan air yang mengandung mineral seperti : air sumur, air ledeng, air aqua, dsb, karena akan membuat korosi/ karat.Untuk hasil lebih bertenaga lagi, air murni dapat ditambahkan pula Alkohol / Methanol dengan campuran 1:5 sampai 1:3

Air akan masuk diatur oleh keran (regulator) dan di filter oleh One Way Filter, kemudian akan keluar berupa percikan halus air melalui jarum suntik, kemudian air tersalur masuk melalui selang ke Vacuum yang ada di karburator, kemudian air yang berwujud uap ini mengalir dan bercampur disaluran intake manifold yang menyebabkan temperatur udara yang masuk kedalam ruang bakar menjadi turun dan mengakibatkan suhu mesin menjadi tidak terlalu tinggi dan radiator pun akan mampu menanggulangi panas mesin.

Infoku didunia

Saya telahir dengan perdebatan beberapa orang tua yang mau ngasih nama.
Gak ngerti, menurut mereka nama yang mau mereka kasih ke saya bagus. (sa’ bagus-baguse tetep ndeso).
Saya dilahirkan dari ibuku yang paling ayu se-RT. Di rumah bersalin Dokter Erawati. Itu lho yang ada di daerah komplek DepKes. Sunter, sana pojokannya bandara kemayoran.(dulu masih ada bandara kemayoran). Gak ngerti kenapa bisa lahiran di situ. Padahal bapak ibuku gak pernah kerja di DepKes. Yo wis gak penting..








Itu potoku waktu bisa bersusah payah jejek berdiri. Maklum baru 11 bulan ngisep angin dunia.
Oiya, disaat sebelum bisa ngomong ini itu perdebatan namaku diputuskan..
Sebelumnya ada yang nyebut Wahyu Prasodjo, Wahyu Maryanto, Santoso,dll, pokoke yang pakai O, ya biasalah orang jawa..


Gambar ini diambil sama pak tukang poto keliling yang waktu jamannya itu sempet jadi trendcenter di jakarta..
Dengan nego sana-sini, harga segini, dan dikirimi klise hari kapan, akhirnya dijepretlah anak imut ini.

Lha kalau yang ini masih satu angle sama yang diatas, itu nenekku..
Biasa.. cucu pertama dari anaknya beliau yang pertama, jadi rada disayang dibanding sama anak-anak tetangganya..
Itu rumahnya siapa, ko’ mau dijual..??
Lah wis,, aku gak punya literatur itu rumahnya siapa, dijual sama siapa, harganya berapa, luasan tanahnya berapa, luasan bangunanya berapa, ngadep mana.. biar yang ngerti sejarah aja yang jawab nanti.


Diatas, potoku waktu belajar jadi pembalap, dan hasilnya ngetrill sampai benjol dan nangis jejeritan.

Kemudian dengan masa kecil yang cukup berbahagia, karena diperbolehkan untuk keluyuran dilapangan setiap sore dan bermain dengan teman-teman sebaya. Tidak lupa ibuku membelikan dan memutarkan kaset-kaset lagu anak-anak yang ngetrend banget waktu itu, bondan prakoso, eno lerian, puput melati, joshua, baja hitam, bart simson, aqua, dll. Tapi entah sekarang kemana itu kaset, tinggal kaset ular putih, bart simson, Mc.rider, sama chiquita meidi yang masih tersisa. Sisanya ?? ya gak tahu, mungkin kebawa banjir waktu tahun 1996 yang mengubangkan jakarta. Apa dipinjem panitia tujuh belas agustusan yang tidak bertanggungjawab mengembalikan ke yang punya.(Aku)

Setelah puas bermain ria, kemudian ku disekolahkan disebuah taman kanak-kanak TK.Bhakti Siwi yang lagi-lagi berada diwilayah komplek DepKes. Kayanya ibuku dulu udah cinta mati sama komplek ini.(gak ngerti bisa begitu)

Disinilah saya pertama kali saya menimba ilmu dunia dan menerima dentuman-dentuman ledakan mental yang bisa diingat sampai sekarang.
Mengenal para intelektual cilik (halah bosonane), kenal gadis-gadis cilik yang imut-imut.


Cita-cita kepengen banget jadi pilot (imbas rumah deket bandara kemayoran, kapal terbang belingsatan di atas atap rumahku).
Tapi ko’ ibuku ngasihnya seragam ABRIya.. opo karena ibuku kepengen aku jadi pilot kapal tempur..
Lha sekarang gak jadi pilot, yo batal jadi ABRI.. helahh dalahh...

Ini poto diragunan waktu bulikku kencan sama pakliknya cewek yang disebelahku (namanya Novi) adikknya temen kecilku Fachrul.


Diatas itu gambar almamateran TK.Bhakti Siwi tahun 1993.
Didampingi ibu guru cantik dikiri namanya Ibu Juju (gak ngerti dulu udah punya suami apa belum, kalau sekarang tambah gak ngerti). Sebelah kanana itu namanya Ibu Rega, kalau Ibu yang satu itu dulu anaknya udah satu.(kalau sekarang gak ngerti juga).
Lha yang anak-anak sebelah kanan pesanku ”maafkanlah tukang jepret potonya yang kayanya masih amatiran”.

Lha kalau foto yang diatas ini, versi zoom out-nya (kalau digambar mesin namanya gambar detilan).

Anak-anak cowoknya (dari kiri kekanan) :
Rian, Farhan, Saya, Egi, lha yang kepotong njaluk ngapuro yo..

Anak-anak ceweknya (dari kiri kekanan) :
Nungki, Nita, Rini, blasss yang dua lagi aku gak inget namanya (Inge I’m sory potomu gak kelihatan).


Begitu lulusan dari TK. Bhakti Siwi yang telah mengharumkan nama komplek DepKes. (berlebihan gak yo..)
Aku dihadiahi Allah adik perempuan yang lahir juga lewat Ibu yang melahirkanku..
Waah .... lemune (gemuk) lan pancen imut-imut (gak tahu sekarang imut apa amit??)

Lha kemudian aku nerusi sekolah di SDN Sumur Batu 10 Pg. Yang ada dipojokkan jembatan Dempet. Disitu bareng lagi ketemu sama sebagian besar temen-temen TK.

Dimasa ini aku kehilangan jejak poto-potoku yang hanyut kebawa banjir..
Jadi males poto-poto lagi..

Selasa, 13 April 2010

Konsep Perancangan Mesin

Sebelum mulai ngerancang mesin, kita itu mesti tahu apa itu artinya konsep perancangan mesin.

Mesti digagas (dipikir) apa itu konsep, apa itu perancangan, apa itu mesin.

Konsep itu rencana, rencananya mau bikin mesin apa mesti jelas, mesti pas sama kebutuhan yang mau dipenuhi kebutuhannya. Gak ngambang kaya layangan yang muyung gak dapat angin terus gak tahu arah terbang. Terbang tak mau, jatuh pun terpaksa.

Jadi mesti jelas yaa mau ngonsep seperti apa.

Perancangan itu artinya perencanaan atau ya artinya perancangan itu sendiri.

Jadi kalau mau marancang itu ya mesti tahu modelnya seperti apa, apa sesuai kebutuhan apa ndak. Bentuknya seperti apa, apa lonjong, bulet, kotak, trapesium, jajaran genjang, apa bentuk siluet alami kaya yang ada di awang-awang.

Gak lupa juga materianya apa, pake kayu, plastik, logam, non-logam, apa jangan-jangan pake ilmu awng-awangen (gak ngerti apa yang mau dikerjain).

Lha kalau mesin itu liat aja di postingan“prakata’.

Kalau gak jelas tanyain ke dosenmu masing-masing, kalau gak jelas juga jangan tanya!!

Prakata


Jika berbicara tentang ilmu teknik, yang kebetulan saya anak jurusan Teknik Mesin.
Maka dari itu, sebagian isi dari seksi ini adalah segala hal yang berhubungan dengan teknik mesin. Tetapi juga tidak ada batasan dalam memposting, entah itu ilmu teknik mesin, listrik, sipil, dan teknik-teknik lainnya. Kecuali mungkin teknik tata rias dan tata boga, apalagi tata busana.. soalnya tempatku sekolah dulu ada jurusan itu disatu fakultas teknik. Tapi ya.. berhubung ngambil jurusan mesin ya jadi gak ngurusi yang begituan. Biar wanita solehah aja yang mempelajarinya amiin.
Berbicara tentang teknik lagi, teknik itu bias diartikan sebagai cara atau metode.
Lha kalau teknik mesin ya berarti metode atau cara mesin itu sendiri. Cara mesin untuk apa? Ya untuk bekerja to yo..
Lha mesin itu sendiri apa.. ??
Mesin bisa diartikan sebagai satu kesatuan gerak mekanik selaras antara satu komponen-komponen mesin dengan komponen-komponen mesin yang lainnya supaya terjadi perpindahan energi yang menggerakkan ke energi yang akan digerakkan. Ada input ya ada output. Kalau nginput terus ya bisa-bisa njebluk itu mesin. (njebluk = meledak)
Entah itu mesin jahit, mesin cuci, mesin potong, mesin roll, ah.. wis banyak lah jenis-jenis mesin yang dipakai umat dunia ini.
Mesin juga bisa diartikan sebagai mekanika gerak komponen-komponen mesin yang saling bergesekan dan serasi sehingga mesin mampu mengeluarkan daya, gaya dan energi yang ditransfer dari sumbernya sana. Terserah sumbernya engine, motor listrik, turbin, dan banyak lagi.. yang paling ndeso ya tenaga otot sumbernya.
Contohnya.. yo akeh e masss....
Paling sederhana yo itu tang japitmu yang sering dipakai buat ngisengi benda-benda tidak berdosa...
Satu lagi,, kebanyakan dari pengetahuan orang-orang, ini katanya lho..
Kalau mesin itu bisa diartikan sebagai sumber tenaga..
Mesin dengan engine, motor atau sebangsanyalah itu beda buanget mas.. (liat arti mesin diatas)
Kalau engine, motor, dan sebangsanya itu sumber gerak, sumber tenaga.
Lha kalau mesin itu kan hanya perantara si motor, engine dengan sistem yang akan ditransfer tenaganya oleh si mesin itu sendiri. Kurang jelas tanya sama dosenmu masing-masing!!